Rabu, 04 Juni 2014

LISTRIK PESAWAT MENGAPA 115 V AC 400 Hz 3PHASE?



Secara umum sistem electrical/kelistrikan pada pesawat sama halnya dengan sistem listrik dirumah agan-agan yaitu ada sumber listrik, sistem distribusi, dan beban. sumber listrik dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu AC (alternating current) dan DC (direct current)

            Generator pada engine menghasilkan listrik dari putaran engine sendiri.
listrik yg dibutuhkan pesawat sebesar 115V AC dengan frekuensi 400Hz 3Phase  yg dihasilkan dri generator,,, pertanyaanya kenapa harus dengan 115v AC frekuensi 400 Hz 3Phase?
Karena untuk memper kecil travo dan lebih efisien jika frekueensi  tinggi dalam penggunaanya ,,looooohh kenapa nggak sekalian aja pake frekuensi di atas 400hz  atau 1000Hz??
Bisa di bayangkan jiga frekuensi d atas 400hz-1000hz dampaknya buruk bagi manusia dan jika sampe frekuensi audio 1000hz maka suaranya  kedengeran,,,
Klo yang 115 v itu di dapet darimana yaa??
Itu d dapet dari hasil perhitungan frekuensi = Rpm x sudut
                                                                               60
Contoh :f = 8000 x 3 = 400 Hz
                       60    
       Kembali ke zaman dahulu penggunaan listrik itu tidak memakai 115 v melainkan 110 v...dan juga 400 Hz itu di dapat dari f =1/T. frekuensi awalnya bukan 400 melainkan 360 Hz dilihat dari sudut 360°/360 clock.percobaan- percobaan dilakukan dengan mengurangi dan menambah frekuensi namun hasilnya eror,jadi dapat di simpulkan bahwa frekuensi 400 Hz paling stabil dan hingga saat ini digunakan.
Dan kenapa pesawat memakai listrik 3 Phase??
        Karena pda pesawat banyak digunakan motor-motor listrik yang dmembutuhkan daya yang cukup besar maka digunakanlah listrik 3Phase dan juga untuk prosses transmisi yang bertujuaan untuk penggunaan konsumen secara luas dan untuk mengurangi kerugian daya pada saluran.contohnya seperti motor flap.....ada juga keuntungan menggunakan frekuensi yang lebih tinggi adalah biaya produksi transformator akan bisa lebih murah dan juga pada pesawat menggunakan system yang menggunakan daya yang cukup besar seperti:HF comm,Electrical Hydraulic pump,Wx radar,ignition system...ini urutan konsumsi daya paling tinggi.
                 
                          ......SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar