Kamis, 05 Juni 2014

LISTRIK DC





sumber listrik DC pada pesawat terdiri dari
*TRU(transformer rectifier unit)
* battery
      Jumlah TRU pada pesawat B737NG ada 3 dan baterai ada 2 buah. TRU(transformer rectifier unit) dimana didalamnya terdapat 2 bagian yaitu transformator dan rectifier fungsi dari keduanya adalah transformator berfungsi untuk menurunkan tegangan dari 115 VAC menjadi 28VAC sedangkan fungsi rectifier untuk mengubah tegangan 28VAC menjadi 28VDC. Baterai yang terdapat di pesawat berfungsi untuk menghasilkan listrik DC dengan tegangan sebesar 28 VDC. Baterai yang dipakai adalah tipe Nikel Cadmium (NiCd) sehingga dapat diisi ulang (rechargeable). Saat baterai tidak digunakan, baterai akan di-charge oleh baterai charger yang terpasang. Dalam pemakaiannya, baterai pesawat dipakai dalam beberapa keadaan yaitu Sebagai sumber eksitasi untuk starting APU dan Saat konsidi darurat sebagai sumber listrik DC.

2 sistem distribusi
          Untuk distribusi listrik, pesawat memakai sistem bus yang menghubungkan antara sumber listrik dengan beban. Macam bus yang terdapat di pesawat B737-800 adalah

1.AC Transfer bus (XFR), terdiri atas transfer bus 1 dan transfer bus 2. Dalam kondisi normal, transfer bus 1 terhubung dengan generator 1 dan transfer bus 2 terhubung dengan generator 2.Sedangkan dalam kondisi darurat, semisal generator 1 tidak berfungsi, maka transfer bus 1 dapat terhubung dengan APU atau terhubung dengan generator 2 melalui transfer bus 2.

2.AC Main bus, terdiri dari AC main bus 1 dan AC main bus 2.

3.Galley bus, untuk keperluan listrik di galley pesawat. Jumlah bergantung pada jumlah galley yang terpasang di pesawat.

4.28 VDC Bus, bus yang terhubung dengan transformer.

5.28 VDC baterai bus, bus yang terhubung dengan transformer dalam kondisi normal, dan baterai dalam kondisi alternatif.

6.Standby (STBY) bus, standby bus adalah bus yang tetap akan mempunyai sumber listrik dalam keadaan darurat. 115 VAC STBY memperoleh sumber listrik dari static inverter sedangkan 28 VDC STBY memperoleh listrik dari baterai.

3 beban (load)
       Beban di pesawat terhubung dengan sistem distribusi listrik pesawat melalui bus. Bergantung pada sumber listrik yang diperlukan, dan juga peranannya, beban bisa terhubung pada bus yang berbeda-beda.

       Untuk sistem pesawat yang tetap harus berfungsi dalam keadaan darurat, akan tersambung dengan standby bus,Sedangkan sistem pesawat yang “kurang penting” akan terhubung dengan AC Main Bus.
macam-macam beban pada pesawat seperti pada cockpit misalnya instrument-instrument navigasi,radar,lampu,computer-computer dll.


                                .......SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar