Kamis, 05 Juni 2014

GENERATOR DI PESAWAT TERBANG



     

    Pada pesawat B737NG sumber listrik AC dihasilkan dari 3 buah generator, 2 buah pada engine(engine 1 dan engine 2) dan 1 generator yg terdapat pada APU(auxiliary power unit).
Generator pada engine menghasilkan listrik dari putaran engine sendiri ,listrik yang di butuhkan pesawat sebesar 115V 400 Hz. Namun karena  Rpm engine yg memutar generator tidak selalu stabil maka dipasanglah sebuah alat yg bernama CSD(constan speed drive) dimana alat itu berfungsi untuk mengendallikan putaran generator agar selalu constan,,,di pesawat  B737NG generator dan CSD telah diintegrasikan menjadi IDG(intergrated drive generator), sedangkan pada pesawat B737clasic generator dan CSD terpisah.
Apakah APU terdapat CSD????
         Tidak terdapat CSD di APU karena generator pada APU berputar secara konstan tdk seperti engine yg berubah-ubah, dan pada APU tdak ada idle power(langsam) atau full power(gas full). selain dari generator ada satu lagi alat yg menghasilkan sumber listrik AC ialah STATIC INVENTER yang berfungsi merubah tegangan DC dari baterai menjadi tegangan AC. namun static inverter hanya digunakan dalam keadaan darurat saja, dengan kata lain meskipun pesawat dalam keadaan darurat sistem pesawat yg memerlukan sumber listrik AC dapat bekerja.
Cara kerja  Generator yaitu penghasil sumber arus listrik yang di suplay ke komponen diantaranya battery, jika battery sudah full maka pensplaian akan terputus dengan sendirinya.


                         ...........SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar